AWALI SYAHPUTRA, 1032011166 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
7-PDF_1_Skripsi PDF 1.pdf Download (489Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP) merupakan model belajar struktural, dimana siswa bekerja secara berkelompok dan secara lisan maupun mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajarinya dengan menyajikan model matematis sebagai solusinya. Selain itu, penyajian model matematis sebagai solusi dalam pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP) merupakan salah satu bentuk menulis eksternal yang dapat dilakukan oleh siswa. Dalam hal ini menuntut siswa untuk lebih aktif, kreatif, serta bekerja sama dalam suatu kelompok untuk menuliskan hasil pemecahan dari suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan adakah terdapat pengaruh pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP) terhadap kemampuan menulis matematis siswa MTs Ulumul Qur’an Langsa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ulumul Qur’an Langsa yang berjumlah 301 siswa, sampel dalam penelitian ini dipilih secara Random Sampling, maka didapat kelas eksperimen adalah kelas VIII Zainab binti Jahasi berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII Zainab binti Khuzaimah berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Model yang digunakan adalah pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menulis yang terdiri dari mengilustrasikan/menjelaskan, menyatakan/menggambar, dan ekspresi matematis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n1 + n2 – 2) = (36 + 36 – 2) = 70 dengan kriteria – ttabel thitung + ttabel sehingga diperoleh –1,99 ≤ 3,13 ≥ +1,99, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP) terhadap kemampuan menulis matematis MTs Ulumul Qur’an Langsa dan kemampuan menulis matematis siswa khususnya kelas VIII di MTs Ulumul Qur’an Langsa pada materi SPLDV dengan katagori baik dengan nilai rata-rata posttest 77,95. Dengan demikian, model pembelajaran Missouri Mathmetics Project (MMP) lebih berhasil daripada pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi terhadap kemampuan menulis matematis siswa MTs Ulumul Qur’an Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati, M.Pd Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Matematika > Topik Khusus Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 03:15 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/627 |
Actions (login required)
View Item |