ZAINORA , 130900423 (2015) PENGARUH STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (1414Kb) | Preview |
Abstract
Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) merupakan suatu strategi pembelajaran konstektual didasarkan pada penelitian tentang bagaimana cara-cara guru mengajar sehingga siswa mendapatkan pemahaman dan pengalaman dalam proses belajarnya. Strategi REACT ini dikembangkan mengacu pada paham kontruktivisme yang menjadikan siswa tidak hanya menghafal tetapi juga terlihat dalam aktifitas yang terus menerus, berfikir dan menjelaskan penalaran mereka, mengetahui berbagai hubungan antara tema-tema dan konsep-konsep. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Di Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Ulim. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan rancangan penelitiannya One Group Pretest-Posttest Desain Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 1 Simpang Ulim yang terdiri dari 8 (delapan) kelas bejumlah 244 dan sampel terpilih 1 (satu) kelas yaitu X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh validitas tes 2,042 dan reliabilitas tes 0,367 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 31,52 dan ttabel = 2,042 pada taraf signifikan, sehingga diperoleh thitung ttabel yaitu 31,52 dan dinyatakan tolak Ho terima Ha sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Di Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Ulim, dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran strategi REACT dari pertemuan I ke pertemuan II menjadi amat baik. Sehingga dapat disarankan dalam proses belajar mengajar diharapkan agar guru menggunakan strategi pembelajaran REACT.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I:Drs. H. JUNAIDI, MA. M. Ed Pembimbing II:SRI MULYATI, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN SISWA, PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Murid |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 03:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 03:52 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/623 |
Actions (login required)
View Item |