PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 LANGSA

FITRIANI, 131000741 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (702Kb) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematik merupakan tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Pada pembelajaran konvensional yang sampai sekarang masih dominan dilaksanakan di Indonesia sebagian besar peserta didik terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa dibarengi pengembangan kemampuan penalaran matematik. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu peserta didik berlatih bernalar adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah penalaran matematik siswa dalam pembelajaran dengan model PBM berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni, dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMAN 1 langsa tahun ajaran 2014/2015. Sebagai sampel diambil siswa dari dua kelas secara acak, satu kelas sebgai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari Model Pembelajaran Matematika Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) (variabel bebas), kemampuan penalaran matematik pada siswa (variabel terikat). Alat ukur yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matmatik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi .Berdasarakan analisis uji regresi pada taraf signifikan () = 0,05 diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenni Suzana, M. Pd Pembimbing II: Rita Sari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, SISWA
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:14
Last Modified: 29 Nov 2016 03:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item