PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE SAVI BERBANTUAN AUTOGRAPH DAN TANPA AUTOGRAPH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs SWASTA GEUDUBANG ACEH T. A 2014/2015

BEBI SURYA HANDAYANI, 131000585 (2015) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE SAVI BERBANTUAN AUTOGRAPH DAN TANPA AUTOGRAPH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs SWASTA GEUDUBANG ACEH T. A 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (2856Kb) | Preview

Abstract

Model pembelajaran SAVI merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran SAVI merupakan suatu model pembelajaran dengan cara menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua alat indera. Unsur-unsur yang terdapat dalam model pembelajaran SAVI adalah somatic, auditori, visual dan intelektual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran cooperatif tipe SAVI berbantuan Autograph dan tanpa Autograph terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh T. A 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan desain randomized control group pretest-posttest dengan populasinya seluruh kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh T. A 2014/2015 terdiri dari 4 kelas dan sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 39 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX.2. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata 83,18 dan siswa kelas kontrol tergolong cukup dengan rata-rata 77,67. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dan pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh yaitu dan dinyatakan ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran cooperatif tipe SAVI berbantuan Autograph dan tanpa Autograph terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh T. A 2014/2015

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Marzuki, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE SAVI BERBANTUAN AUTOGRAPH
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Nov 2016 02:55
Last Modified: 29 Nov 2016 02:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item