HUBUNGAN PHOBIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUREULAK BARAT

KHAIRUNNISA, 1032010091 (2015) HUBUNGAN PHOBIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUREULAK BARAT. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_SKRIPSI KHAIRUNNISA.pdf

Download (669Kb) | Preview

Abstract

Phobia dalam mengikuti pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat bagi pencapaian prestasi belajar seorang siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adakah hubungan phobia matematika (Mathophobia) dan seberapa besar korelasi phobia matematika dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian yang hendak dicapai ialah untuk mengetahui bagaimana hubungan phobia matematika (Mathophobia) terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar korelasinya. Penelitian ini memperoleh data dari penyebaran angket pada kelas sampel, penyebaran angket tersebut bertujuan untuk memperoleh data tentang tingkat phobia siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasi. Sedangkan populasinya adalah siswa-siswi kelas VIII dan sampel penelitian yang dipilih yaitu siswasiswi kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Peureulak Barat, tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum tingkat phobia matematika siswa dalam menghadapi pembelajaran matematika menunjukan bahwa 44% dari 25 orang responden mengalami tingkat phobia matematika sedang, dan 56% lainnya mengalami tingkat phobia berat. Sedangkan hasil belajar matematika siswa menunjukan sebanyak 48% dari 25 orang siswa mendapatkan hasil belajar matematika yang baik. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh antara tingkat phobia matematika (Mathophobia) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Peureulak Barat yaitu sebesar 0,59 termasuk dalam korelasi cukup dengan perhitungan KD = 34% yang berarti tingkat phobia matematika (Mathophobia) dalam menghadapi pelajaran matematika mempengaruhi prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Peureulak Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenni Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Rizki Amalia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PHOBIA MATEMATIKA, PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:04
Last Modified: 24 Nov 2016 04:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item