EVI MAULINA, 1032011169 (2015) PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SIMPANG ULIM. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
7-PDF_1_skripsi evi maulina full.pdf Download (308Kb) | Preview |
Abstract
Penalaran merupakan sebuah alat untuk mengembangkan pengetahuan dan kreativitas siswa, namun kita lihat sekarang bahwa kurangnya siswa dalam berusaha untuk mengeksplorasi kemampuannya menyebabkan terbentuknya kepribadian yang tidak peduli terhadap matematika. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model advance organizer dengan menggunakan LKS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMA Negeri 1 Simpang Ulim pada materi persamaan kuadrat? Dan Bagaimanakah sikap positif siswa setelah menggunakan model Advance organizer menggunakan LKS di SMA Negeri 1 Simpang Ulim pada materi persamaan kuadrat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari model Advance Organizer dengan menggunakan LKSterhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMA Negeri 1 Simpang Ulim. Penelitian ini juga untuk melihat sikap positif siswa, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Ulim. Dari hasil proses pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas X 7 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal dan angket berupa pernyataan yang disusun dengan skala likert sebanyak 20 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dengan nilai 2,81 dan 1,95.analisis angket sikap positif siswa menggunakan presentase, dan presentase rata-ratanya ialah 88,73 % Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Advance Organizer dengan menggunakan LKS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Simpang Ulim dan juga sikap positif siswa memiliki presentase yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | ADVANCE ORGANIZER,KEMAMPUAN SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan Pendidikan > Murid |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 07:58 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 07:58 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/611 |
Actions (login required)
View Item |