STRATEGI KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENCEGAH MASYARAKAT MENGGUNAKAN NARKOBA DI KOTA LANGSA

UTARI NOVIA ARISKA, 3012011082 (2015) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM MENCEGAH MASYARAKAT MENGGUNAKAN NARKOBA DI KOTA LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_SKRIPSI UTARI NOVIA ARISKA.pdf

Download (282Kb) | Preview

Abstract

Permasalahan narkoba di Indonesia terus meningkat dan merambat hingga ke wilayah terpencil dan telah menyebar ke segala usia dan status sosial termasuk di Kota Langsa yang diakibatkan oleh beberapa faktor, dalam hal ini BNN kota Langsa berupaya untuk melakukan berbagai kegiatan dengan menggunakan strategi komunikasi yang tepat dalam upaya mencegah masyarakat menggunakan narkoba di kota Langsa melalui program Pencegahan, Pembrantasan, Penyalahgunaaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) agar tercapainya tujuan dari komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi, hambatan dan solusi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam mencegah masyarakat menggunakan narkoba di Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas, observasi partisipan, dan dokumentasi. Yang menjadi data primer berjumlah 3 orang yaitu Cut Maria S.sos selaku seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, Suharmansyah S.Sos Staf bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, dan Ramadhan Syahputra, SE penyuluh non PNS Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, sedangkan yang menjadi data skunder adalah buku-buku yang berasal dari perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang digunakan BNN dalam mencegah masyarakat menggunakan narkoba adalah tahap mengenal khalayak, yaitu pelajar, pekerja, dan masyarakat yang ditetapkan sebagai sasaran komunikasi BNN. Tahap menyusun pesan komunikasi, pesan yang disampaikan berbeda-beda berdasarkan tiga kalangan tersebut. Tahap menentukan metode komunikasi, metode komunikasi yang digunakan metode komunikasi langsung dan metode komunikasi tidak langsung, dan yang terakhir tahap memilih media, media ynag dipilih BNN sebagai alat penyampaian informasi adalah media massa dan media luar ruangan. Hambatan yang di hadapi BNN adalah hambatan internal dan eksternal, sedangkan solusi BNN dalam mengatasi hambatan tersebut adalah BNN berupaya untuk terus menerus menyadarkan masyarakat, menjalin hubungan yang baik serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mencegah masyarakat menggunakan narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H.Zakaria Ab, MM Pembimbing II: Muhammad Mukhlis, MA
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI, BADAN NASIONAL NARKOTIKA
Subjects: Umum > Komunikasi
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:35
Last Modified: 10 Nov 2016 04:35
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item