KONSEPSI ADVERTISING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

HARIS NANDAR, 510900634 (2014) KONSEPSI ADVERTISING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (444Kb) | Preview

Abstract

Iklan sebagai salah satu alat pemasaran melalui promosi merupakan proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi minat calon pembeli sehingga mampu memasarkan produknya secara massal. Untuk prosesnya, televisi dianggap sebagai media yang paling efektif digunakan. Selain mempengaruhi calon konsumen dengan materi dan visualisasi iklan untuk memperkenalkan produk baru sebagai pengumuman, tapi juga digunakan dalam rangka mempertahankan konsumen agar tetap memilih produknya. Akan tetapi dalam praktiknya, kesempatan beriklan sering digunakan dengan cara berlebihan dan menggunakan segala cara untuk memperoleh perhatian khalayak sehingga cenderung melanggar norma yang ada dalam Islam. Berdasarkan uraian diatas, masalah dalam penelitian ini adalah mengenai konsep, prinsip dan kriteria advertising yang sesuai dengan ekonomi Islam dan apakah praktik-praktik periklanan yang berkembang saat ini khususnya dimedia televisi sudah sesuai dengan konsep perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memahami dan menjelaskan konsep, prinsip dan kriteria periklanan di media televisi dari perspektif ekonomi Islam yang sering diindikasikan telah melanggar etika. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat secara umum tentang periklanan yang beretika dan yang tidak, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif yaitu menarik kesimpulan dari beragam sumber yang telah dikemukakan oleh pakar atau data-data yang relevan dengan penelitian. Hal ini dilakukan pada praktik iklan yang telah melanggar etika dan kemudian ditarik pada suatu kesimpulan mengenai iklan tersebut secara umum telah melanggar etika dalam hukum Islam atau sebaliknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pemasaran melalui iklan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr.Ismail Fahmi Arrauf, MA Pembimbing II: Syamsul Rizal, M.S.I
Uncontrolled Keywords: EKONOMI ISLAM
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Hukum Islam > Muamalah
Divisions: Fak. Syariah > Muamalah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:08
Last Modified: 10 Nov 2016 03:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item