Nila Aswati, 5032022072 (2024) Analisis Kreativitas Guru Pai Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Kecamatan Pantee Bidari. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
TESIS NILA ASWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sesuai dengan perkembangan zaman seorang pendidik tentunya dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan melakukan inovasi pengembangan dalam proses pembelajaran. Sebagaimana yang dilakukan oleh guru PAI dan Budi Pekerti pada SDN Kecamatan Pantee Bidari. Kreativitas guru dalam mengembangakan inovasi yang digunakan oleh sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pantee Bidari dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu upaya dalam peningkatan kreativitas guru, bentuk-bentuk kreativitas guru dan faktor pendukung serta penghambat dalam kreativitas guru PAI. Hal inilah yang ingin dilihat secara lebih mendalam melalui kajian ilmiah dalam tesis ini dengan judul “Analisis Kreativitas Guru PAI Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Kecamatan Pantee Bidari”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data serta analisis data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya meningkatkan kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada sekolah dasar kecamatan pantee bidari dapat dilihat dari 3 hal yaitu pertama pembinaan dan pengembangan kreativitas Guru PAI melalui KKG, seminar dan pelatihan/diklat, kedua peningkatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran dan ketiga memberikan kebebasan kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk menjalankan kewajibannya dengan melakukan kreativitas yang ia miliki. Bentuk Kreativitas Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Pengembangan Inovasi pembelajaran dapat dilihat dari tiga bentuk yaitu pertama penyajian materi pembelajaran pai dengan metode yang variatif, kedua menggunakan media pembelajaran berbasis digital dan ketiga ialah penerapan model pembelajaran interaktif dengan tujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan partisipasi dari semua peserta didik. Faktor-faktor pendukung yang dapat menunjang keberhasilan kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pantee Bidari ialah sarana sekolah, kerja sama sesama guru dan lingkungan yang kondusif. Adapun faktor penghambatnya ialah keterbatasan waktu dalam mengajar, siswa kurang merespon pada saat pembelajaran dan siswa kurang kondisional saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing I :Dr. Andhika Jaya Putra, MA Pembimbing II:Dr. Basri, MA |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Guru PAI, Inovasi Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:40 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |