MOHD. NASIR, 19771218 200604 1 008 (2025) "NASKAH PIDATO PENGUKUHAN GURU BESAR" INOVASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN GENERASI QUR’ANI DI ERA DIGITAL. -, Kota Langsa Aceh.
![]() |
Text
Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar (Basri & Moh. Nasir).pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat pada abad ke-21 telah menciptakan perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk model budaya dan sistem pendidikan. Era digital ditandai dengan kehadiran internet, kecerdasan buatan, media sosial, dan perangkat digital lainnya yang mengubah cara manusia berinteraksi, bekerja, dan belajar. Dalam konteks ini, dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang mengalami transformasi besar-besaran. Transformasi digital dalam pendidikan dapat meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran dalam sistem pendidikan Islam.1 Pendidikan Islam memiliki tujuan membentuk manusia paripurna (insan kamil) yang memiliki keseimbangan antara aspek spiritual, intelektual, dan sosial. Digitalisasi pendidikan Islam dapat meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran.2 Tujuan ini dapat dicapai hanya dengan pendekatan teknologi dan informasi digital. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan dan strategi baru dalam pendidikan Islam yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan, tanpa kehilangan nilai-nilai fundamental Alqur’an dan Sunnah. Peran teknologi dalam transformasi pembelajaran menjadi faktor penting dalam meningkatkan efektifitas dan kualitas nilai-nilai fundamental Islam bagi peserta didik.3 Generasi Qur’ani adalah generasi yang menjadikan Alqur’an sebagai sumber utama dalam membentuk karakter, pola pikir, dan tindakan. Dalam menghadapi derasnya arus informasi di era digital, generasi Qur’ani diharapkan mampu memilah dan memilih informasi secara bijak, serta menjadikan teknologi sebagai sarana untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pendidikan Islam, yaitu bagaimana merancang model pendidikan yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai Qur’ani dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Untuk mendalami isu ini, dapat dirumuskan beberapa pertanyaan, yaitu: Apa tantangan utama pendidikan Islam dalam membentuk generasi Qur’ani di era digital? Bagaimana inovasi pendidikan Islam yang relevan untuk generasi digital? Bagaimana peran guru dan lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan pendidikan berbasis Alqur’an yang kontekstual?
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INOVASI PENDIDIKAN ISLAM GENERASI QUR’ANI DI ERA DIGITAL |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:51 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |