Pengembangan Media Teks Cerita Terhadap Kemahiran Membaca Pada Siswa MTs S Ulumul Qur'an Langsa

Amanda Chairunnisa, 1022020002 (2024) Pengembangan Media Teks Cerita Terhadap Kemahiran Membaca Pada Siswa MTs S Ulumul Qur'an Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FIKS SKRIPSI AMANDA CHAIRUNNISA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Melihat buku pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan pada MTsS Ulumul Qur'an, peneliti menemukan siswa yang bosan dalam penggunaan media yang disediakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, efektifitas pengembangan media teks cerita, dan keberhasilan dalam peningkatan kemahiran membaca siswa di MTsS Ulumul Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode RnD dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari satu kelompok pretest – posttest. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan angket validasi ahli, dan analisis data menggunakan T-Test. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peneliti merancang materi pendidikan dengan menggunakan Microsoft Word. Materi yang dikembangkan peneliti merupakan materi yang terdapat dalam buku berjudul “AlQiraatur Rasyidah Jilid Dua” yang ditulis oleh Abdul Fattah Shabri Ali Omar. Lalu saya membuat covernya menggunakan canva. 2) Setelah validasi produk, media teks cerita dinyatakan layak nilai 100% dengan predikat “Sangat Layak” untuk materi dan nilai 92,5% dengan predikat “Layak” untuk media. 3)Hasil dari perkembangan Kemahiran membaca siswa menggunakan media teks cerita berdasarkan angket yang diisi oleh guru 90% dengan predikat " Baik Sekali" dan angket siswa 70% dengan predikat "Baik". Hal itu menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat peningkatan penggunaan dan pengembangan media teks cerita terhadap kemahiran membaca siswa adalah “Efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fuji Astuti, M.A Pembimbing II: Dr. Nur Balqis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Teks Cerita, Kemahiran Membaca
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Kemampuan Membaca dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:30
Last Modified: 15 Apr 2025 04:30
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item