Fatmawati, 5032022007 (2024) Optimasi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
FATMAWATI TESIS cetak(1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan supervisi di madrasah tentunya banyak terdapat tantangan dan problema, begitu juga kenyataan yang terjadi pada MTsN 6 Aceh Timur, masih terdapat banyak kendala dalam kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah kepada guru-guru terutama guru PAI, karena dianggap pelajaran PAI termasuk pelajaran yang sangat penting. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana upaya dan optimasi yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kreativitas guru dalam kegiatan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya pelaksanaan supervisi Kepala di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong; (2) mengetahui optimasi supervisi kepala madrasah dalam kreatifitas guru di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong; (3) Mengetahui kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru bidang PAI. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan sistematika pengkajian mendalam dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji konfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya pelaksanaan supervisi Kepala di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong telah dilakukan kepala sekolah dengan baik; (2) Optimasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kreativitas guru di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong khususnya guru bidang PAI ditunjukkan dari kemampuan guru dalam Menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran, melibatkan siswa dalam belajar kelompok dan membangun suasana kelas: (3) Kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN 6 Aceh Timur Kecamatan Idi Tunong di antaranya yaitu kesulitan menjadwalkan supervisi karena kegiatan kepala sekolah yang sangat banyak serta kesiapan guru untuk disupervisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Yusaini, S.Pd,. M.Pd Pembimbing II: Dr. Muhaini, S.Ag,. MA |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, kreativitas, guru, kepala madrasah |
Subjects: | Pendidikan > Pengajar/Guru |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:20 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:20 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |