Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Halang Rintang Permainan TK Thursina Aceh Tamiang

Faridah Hanum, 1062015003 (2022) Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Halang Rintang Permainan TK Thursina Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FARIDAH HANUM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui permainan halang rintang TK Thursina Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan menerapkan teori Kemmis MC Taggart serta menggunakan 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Permainan merupakan suatu aktifitas yang bertujuan memperoleh keterampilan tertentu dengan cara mengembirakan seseorang. Bermain adalah suatu kegiatan sarana bersosialisasi dan dapat memberikan kesempatan anak bereksplorasi,menemukan,mengekspresikan perasaan berkreasi dan belajar secara menyenangkan.Maka saat anak bermain secara langsung anak berinteraksi dengan yang lain. Interaksi tersebut mengajarkan anak bagaimana merespon member dan menerima,menolak atau setuju dengan ide dan perilaku anak lain. Peningkatan permainan halang rintang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dalam melatih emosi anak,ketika merangkak dibawah barisan meja, berjalan diantara dua baris bangku, mengelilingi sebuah bangku, melompati tumpukan buku dan melompat simpai. Kondisi anak-anak saat bermain permainan halang rintang terlihat bersemangat dan senang pada saat bermain. Situasi tersebut sangat mendukung dalam proses belajar. Sehingga anak-anak dapat dengan mudah meningkatkan keterampilan sosial dan mampu mencapai kriteria baik. Kegiatan permainan halang rintang dari siklus I ke II meningkat dari 68% belum berkembang dan mencapai 81% berkembang sangat baik (BSH) permainan halang rintan. Setelah dilaksanakan penelitian dari pra siklus. Siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa permainan halang rintang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Khairul Amri, S.Pd.I, m.Pd Pembimbing II:Veryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, permainan halang rintang anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:04
Last Modified: 04 Dec 2024 04:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item