Fenomena Siswa Tinggal Kelas Di SMA Negeri 5 Langsa

Isma Malani, 3022020039 (2024) Fenomena Siswa Tinggal Kelas Di SMA Negeri 5 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ISMA MALANI.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa tinggal kelas, wali kelas siswa yang tinggal kelas, wakakurikulum dan guru BK. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah faktor utama penyebab siswa tinggal kelas dan strategi intervensi yang diterapkan sekolah dalam mengatasi siswa yang tinggal kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan faktor utama penyebab siswa tinggal kelas dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal yang menjadi penyebab siswa tinggal kelas adalah (1) Minat belajar yang naik turun disebakan oleh metode pembelajan yang di terapkan oleh guru membuat siswa tidak nyaman berada di kelas (2) Kemampuan siswa yang rendah (3) Sikap yang sering tidak menghargai guru. Sedangkan faktor eksternal penyebab siswa tinggal kelas adalah (1) Tempat tinggal siswa yang sebagian jauh dari sekolah (2) Sosial ekomomi termasuk menengah ke bawah dan (3) Keluarga siswa yang kurang mendukung siswa dalam belajar. Sedangkan strategi intervensi yang diterapkan sekolah dalam mengatasi siswa tinggal kelas yaitu, (1) Metode mengajar dengan menggunakan ceramah dan tanya jawab (2) Kolaborasi wali kelas dengan orang tua/ wali siswa dengan membuat grup Watsapp khusus wali siswa yaitu dengan tujuan mempermudah komunikasi antara wali kelas dengan wali siswa mengenai perkembangan siswa (3) Program kunjungan rumah apabila wali siswa tidak bisa dihubungi oleh tim sekolah yaitu Wakakurikulum, Wali kelas, dan Guru BK yang dilakukan selama 2 kali kunjungan rumah selama satu tahun ajaran (4) Strategi intervensi yang diterapkan guru BK yaitu melakukan kontrak perilaku untuk siswa yang sering terlambat, panggilan terhadap orang tua siswa yang memilki banyak absensi dan melakukan layanan mediasi mengenai perkembangan siswa serta dukungan psikologis yang diberikan oleh guru BK berdasarkan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Iqbal Ibrahim, S.Ag. MEd Pembimbing II: Sabrida M.Ilyas., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Siswa Tinggal Kelas
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:41
Last Modified: 28 Nov 2024 04:41
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4228

Actions (login required)

View Item View Item