Analisis Penggunaan Technologi Acceptance Model (TAM) Terhadap Keputusan Bertransaksi Dalam Berbelanja Online Pada Masyarakat Kota Langsa

Anggi Rezita Naibaho, 4032017004 (2024) Analisis Penggunaan Technologi Acceptance Model (TAM) Terhadap Keputusan Bertransaksi Dalam Berbelanja Online Pada Masyarakat Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Anggi Rezzita Naibaho.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kemanfaatan, sikap, minat dan risiko terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel diambil menggunakan rumus lameshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari persepsi kemudahan sebesar 2,811 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < alpha 0,05. Artinya persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Kedua kemanfaatan memiliki nilai thitung sebesar 6,234 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05 artinya kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Ketiga nilai thitung dari persepsi sikap sebesar 2,259 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < alpha 0,05 artinya sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Keempat nilai thitung dari minat sebesar 5,025 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < alpha 0,000 artinya minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Kelima nilai thitung dari risiko sebesar 3,093 > dari ttabel sebesar 1,660, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < alpha 0,05 artinya resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi dalam berbelanja online pada masyarakat di Kota Langsa. Hasil penelitian menyatakan ada pengaruh secara simultan (keseluruhan) variabel kemudahan, kemanfaatan, sikap, minat dan risiko dapat dilihat dari hasil uji F, dengan nilai Fhitung= 31,798 > dari Ftabel 2,19 dengan nilai signifikansi = 0.000. Dengan demikian nilai signifikansi (0.000 < 0.05), maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kemudahan (X1), kemanfaatan (X2), sikap (X3), minat (X4) dan risiko (X5) terhadap keputusan (Y)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sfwan Kamal, S.EI., M.E.I Pembimbing II: Safwand, M.Mat
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Keputusan, Kota Langsa
Subjects: Muamalat > Keuangan Dalam Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:38
Last Modified: 16 Oct 2024 02:38
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item