Efektivitas Penggunaan Model The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Smp Negeri 2 Tamiang

Via Amelia, 10122019070 (2024) Efektivitas Penggunaan Model The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Smp Negeri 2 Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI VIA AMELIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada SMP Negeri 2 Aceh Tamiang yaitu dalam proses pembelajaran guru yang mengajar menggunakan ceramah dan tanya jawab. Dilihat dari hasil belajar peserta didik yang rata-rata 70 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini menunjukkan daya serap yang dimiliki oleh peserta didik masih rendah, dengan ini peneliti ingin menerapkan model pembelajaran the power of two. Siswa juga tidak menyukai sejarah karena mengangap bahwa materi sejarah sangat sulit dimengerti dan membosankan hal ini jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan model pembelajaran the power of two terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 2 Aceh Tamiang, (2) untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 2 Aceh Tamiang menggunakan model pembelajaran the power of two, (3) untuk apakah model pembelajaran the power of two efektif di terapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran the power of two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 2 Aceh Tamiang yaitu untuk memotivasi dan mendorong siswa untuk aktif berfikir dan berdiskusi pembelajaran serta berkerja sama dengan teman kelompok mengenai materi yang diajarkan. Proses pembelajaran melalui diskusi bersama teman dapat membuat siswa yang kurang mengerti materi menjadi lebih mengerti melalui tugas kelompok tersebut. Hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 2 Aceh Tamiang dalam kategori baik setelah dilakukan 2 siklus dengan persentase ketuntasan siswa 86% yaitu 25 siswa yang tuntas dari 29 siswa. Model pembelajaran the power of twopada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 2 Aceh Tamiang efektif, yaitu dilihat dari peningkatan jumlah persentase siswa yang tuntas pada siklus I dan siklus II yaitu pada siklus I persentase siswa yang tuntas 55% sebanyak 16 siswa dari 29 siswa yang tuntas kemudian sangat meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan siswa 86% sebanyak 25 siswa yang tuntas dari 29 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran the power of two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMP Negeri 2 Aceh Tamiang adalah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Nani Endri Santi, MA Pembimbing II:Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, The Power Of Two, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:00
Last Modified: 18 Jul 2024 04:00
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item