Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran SKI Di MTs Terpadu Langsa

Miftahul Jannah, 1012019024 (2023) Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran SKI Di MTs Terpadu Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Skripsi Miftahul Jannah,,.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menilai peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui penerapan model Make A Match dalam pembelajaran SKI di MTs Terpadu Langsa dan Untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII setelah penerapan model Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar SKI di MTs Terpadu Langsa. Guru berperan penting dalam menciptakan kehidupan yang sehat, bahagia, puas dan aman sebagai pendidik, konsultan, pelatih, dan perencana kurikulum di lembaga pendidikan. Hal ini membantu siswa memahami dan menemukan potensi mereka dengan menciptakan ruang untuk berpikir kritis, kreativitas, dan inovasi. Model Make A Match merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif dimana setiap siswa mencari pasangan yang cocok sesuai dengan kartu yang dipegangnya dalam batas waktu tertentu. Siswa yang berhasil mencocokkan kartu mendapatkan point. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaksi siswa, namun juga memberikan faktor kompetitif yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikenal sebagai (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas untuk memecahakn suatu masalah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make A Match meningkatkan pembelajaran SKI siswa kelas VIII di MTs Terpadu Langsa secara signifikan. Terdapat Peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan sebelum dan setelah menggunaan model Make A Match, dengan nilai rata-rata pretest-posttest 9dari 53,47 menjadi 85,69. Hal ini menunjukkan efektivitas model tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar sidswa kelas VIII pada pembelajaran SKI di MTs Terpadu Langsa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: sparuddin Rambe, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Hasil Belajar, Pembelajaran SKI
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:54
Last Modified: 09 Jul 2024 08:54
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item