Fenomena Label Halal Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Di kabupaten Aceh Tamiang

Dinar Hainda Dersa, 4022018094 (2023) Fenomena Label Halal Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Di kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI DINAR HANINDA DERSA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terkait dengan masalah fenomena penempatan label halal pada produk untuk meningkatkan jumlah konsumen. Pada hakikatnya keamanan serta kehalalan suatu produk yang digunakan oleh masyarakat Aceh Tamiang bukan hanya tanggung jawab produsen, Namun tanggung jawab bersama antara pemerintah, Pengusaha dan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi masyarakat terhadap produk yang beredar di pasar tidak berlebel halal dan (2) Untuk Mengetahui pendapat konsumen terhdap barang /produk yang dikonsumsi rutin sehari-hari tidak berlebel halal. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif, sedangkan jenis penelitiannya ialah jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan wawancara dan observasi, Wawancara dan Dokummentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap produk yang beredar dipasar tidak berlebel halal yang diperjual belikan dipercaya sebagai produk halalal. Akan tetapi, mereka kurang memperhatikan lebel halal pada saat membeli produk,Banyak Masyarakat yang paham tentang lebel halal walaupun tidak tau secara rinci. Masyarakat berpendapat bahwa label halal itu penting, walaupun tidak berlebel halal namun masyarakat menganggap bahwa bahwa produk yang beredar sudah dapat izin dari pemerintah dan dari segi prosesnya juga tidak diragukan lagi kehalalannya. Sedangkan pendapat konsumen terhadap barang/produk yang dikonsumsi rutin sehari-hari tidak berlabel halal yang dicantumkan pada kemasannya. Artinya masih banyak produk-produk yang beredar belum mamiliki sertifikasi halal, konsumen percaya bahwa produk yang beredar di Aceh Tamiang yang dijual belikan aman dikonsumsi karena barang yang masuk ke Aceh sudah dijamin halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mulyadi,MA Pembimbing II: Zulfa Eliza, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penempatan Lebel, Meningkatkan Jumlah Konsumen
Subjects: Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:53
Last Modified: 03 Jul 2024 03:53
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item