NOVIKA, 130800247 (2013) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (341Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat kelas XI SMK Negeri 1 Langsa. Adapun yang menjadi latar belakang perlunya dilakukan penelitian ini salah satunya adalah karena adanya persepsi siswa SMK Negeri 1 Langsa yang merasa tidak puas dengan proses pembelajaran yang dilakukan guru khususnya dalam pembelajaran matematika. Persepsi adalah pandangan, pengamatan, tanggapan atau interpretasi seseorang terhadap sesuatu atau lingkungan yang merupakan hasil dari proses sensoris terhadap sesuatu/lingkungan yang ia temui sehari-hari. Keterampilan mengajar guru adalah keterampilan yang dimiliki guru saat pembelajaran berlangsung yang meliputi keterampilan dalam bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perorangan. Sedangkan hasil belajar siswa diartikan sebagai kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman dari proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey yang menggunakan desain korelasional yaitu penelitian yang mengkaji hubungan antara variabel pada suatu situasi atau kondisi dari suatu obyek atau subyek. Variabel-variabel yang dipergunakan yaitu : (1) variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X); (2) Variabel hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan, utamanya menggunakan instrument angket (kuesioner) untuk mengukur persepsi siswatentang keterampilan mengajar guru, dan instrument tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yenni Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Legiman, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI, GURU, FUNGSI, KUADRAT |
Subjects: | Matematika > Fungsi-fungsi Khusus Dalam Matematika Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Pengajar/Guru |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 04:20 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 04:20 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/409 |
Actions (login required)
View Item |