Pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Pembelajaran Guru Di MTsS Sabilul Ulum Gelanggang Merak Kecamatan Manyak Payed

Nura, 1012017093 (2022) Pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Pembelajaran Guru Di MTsS Sabilul Ulum Gelanggang Merak Kecamatan Manyak Payed. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ilovepdf_merged_merged.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas dan tanggung jawab supervisi kepala sekolah sangat menentukan terhadap peningkatan pembelajaran guru di dalam sekolah. Supervisi ditujukan kepada situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan secara optimal, dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pengajaran. Kepala sekolah yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai leader, seperti mampu menunjukkan kepribadian yang patut diteladani oleh guru dan staf, memiliki keahlian dasar dalam memimpin sekolah tertentu akan mempengaruhi kinerja guru, seperti guru akan bertanggung jawab, disiplin dan penuh semangat. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Pembelajaran Guru di MTsS Sabilul Ulum Geulanggang Merak Kecamatan Manyak Payed, untuk mengetahui apa saja pengaruh yang ditimbulkan dari Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Pembelajaran Guru di MTsS Sabilul Ulum Geulanggang Merak Kecamatan Manyak Payed, serta untuk mengetahui faktor�faktor apa saja yang menimbulkan pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Pembelajaran Guru di MTsS Sabilul Ulum Geulanggang Merak Kecamatan Manyak Payed. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara yaitu penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain adanya pengaruh yang cukup signifikan antara kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan pembelajaran guru berdasarkan hasil uji secara parsial diperoleh t�hitung sebesar 59,994 dengan nlai signifikan 0,000 < 0,005. Dalam pengujian Uji Simultan F diketahui bahwa nilai f-hitung sebesar 3599,271 > 4,18 dengan signifikansi sebesar 0,000< 0,05. Sedangkan uji determinasi R terdapat 0,992 termasuk dalam kategori hubungan yang kuat, atau 99,2% dipengaruhi oleh kompetensi supervisi kepala sekolah sedangkan 0,8% nya lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima Ho di tolak. Atau dengan kata lain kompetensi supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Hamdan, MA Pembimbing II:Asrul, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Supervisi, Kepala Sekolah dan pembelajaran guru
Subjects: Pendidikan > Kebijakan-Kebijakan dalam Pendidikan > Kebijakan untuk guru
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 May 2024 02:40
Last Modified: 20 May 2024 02:40
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item