Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Fashion Toko Kya Bangkok Di Kota Langsa Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Saulandari, 4022018054 (2023) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Fashion Toko Kya Bangkok Di Kota Langsa Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI SAULANDARI NIM 4022018054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sikap konsumen terhadap pembelian produk fashion toko kya Bangkok stuff dalam perspektif ekonomi islam yang akan mempengaruhi keputusan konsumsi dan untuk mengetahui prioritas konsumen dalam menentukan pembelian produk. Sikap konsumen adalah tanggapan perasaan konsumen yang bisa berupa perasaan suka atau tidak suka terhadap suatu objek tertentu, menururt pendapat yang di kemukakan oleh Kotler dan Amstrong sikap dipengaruhi oleh tiga indikator yaitu (1). Congnitive component, merupakan rasa percaya terhadap objek yang timbul disebabkan oleh kualitas produk yang baik, ramainya pembeli yang datang untuk berbelanja, banyak nya resseler yang tertarik untuk menjual produk yang diproduksi oleh penjual utama, dan banyaknya followers di sosial media yang menjadi konsumen dari toko tersebut. (2) Affective component, komponen afektif merupakan yang merefleksikan perasaan seseorang terhadap suatu objek apakah objek tersebut diinginkan atau disukai. (3) Behavioral component, komponen ini memiliki aspek kecenderungan berperilaku sesuai dengan sikap yang di miliki terhadap suatu objek yang disukai atau tidak disukai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research, untuk mendapatkan data primer dan data skunder penulis melakukan penelitian dengan cara melakukan wawancara terhadap konsumen toko kya Bangkok stuff sebanyak 10 orang, selain itu penulis juga melakukan observasi pada toko kya Bangkok stuff di Kota Langsa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar konsumen membeli produk dipengaruhi oleh trend masa kini yang semakin berkembang dan atribut dari produk, selain itu konsumen menjadikan atribut tersebut sebagai prioritas untuk mengambil keputusan pembelian seperti harga yang murah, kualitas yang sesuai harga, motif yang menarik dan kenyaman dari produk itu sendiri dan kemudian atribut dari produk itu yang nantinya akan menjadi penentu keputusan akhir dari konsumen untuk membeli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mulyadi, MA Pembimbing II: Zikriatul Ulya, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Prioritas Konsumen, Produk Fashion
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 May 2024 03:45
Last Modified: 14 May 2024 03:45
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View Item View Item