Mhd Husni, 5032021030 (2023) Pengembangan e-Modul Interaktif Elemen Fiqih Pendidikan Kesetaraan Fase E di PKBM Al Fallah Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
I. Tesis_MHD HUSNI_ Kombine.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan e-Modul Interaktif Elemen Fiqih Pendidikan Kesetaraan Fase E di PKBM Al Fallah Kabupaten Aceh Tamiang untuk melengkapi kebutuhan bahan ajar sesuai perkembangan pada era revolusi industri 4.0 dan menunaikan amanah undang – undang yang menuntut proses pembelajaran dalam satuan pendidikan haruslah interaktif lagi inspiratif juga menyenangkan serta menantang selanjutnya memotivasi peserta didik supaya berpartisifasi aktif dengan memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian. Kenyataan dilapangan PKBM Al- Fallah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih menggunakan buku paket dengan jumlah yang masih kekurangan sehingga dibutuhkan pengembangan e-Modul Interaktif dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Researtch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4 D yakni difine, design, development, dan disseminate dengan pembatasan mencapai tahap development dengan pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara, penyebaran angket dan observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan e-Modul interaktif melalui tahap define, tahap desain, tahap development. Produk yang sudah dikembangkan selanjutnya dilakukan validasi juga pratikalisasi memakai instrument angket sebagai alat pengumpul data dan dilakukan analisis mendapatkan kevalidan dan kepraktisan e-Modul. Pada tahapan pendefinisian menunjukan bahwa lembaga juga tutor serta peserta didik membutuhkan pengembangan e-Modul PAI. Tahapan desain menggunakan Flip PDF Profesional menghasilkan desain produk berbentuk e�Modul Interaktif berbentuk e-Pub HTML5. Tahapan pengembangan melakukan uji validasi dan pratikalisasi e-Modul melalui validasi aspek isi materi juga aspek desain pembelajaran beserta aspek media kemunikasi pembelajaran menunjukkan kualitas angka sebesar 82,82 % dengan interprestasi sangat valid. Uji pratikalisasi melalui parameter aspek tampilan juga aspek penyajian materi lalu aspek manfaat menunjukan angka 80,6 % dengan interprestasi layak. Sehingga menunjukan bahwa produk e-Modul hasil pengembangan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :DR. Amiruddin Yahya, MA, Pembimbing II:DR. Sabaruddin, S.PdI, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | e-Modul Interakti Fiqih, pendidikan kesetaraan, Flip PDF Profesional |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 04:17 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 04:17 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4008 |
Actions (login required)
View Item |