Pengaruh Metode Stop Think Do Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 11langsa

Fitria Ningsih, 1032010141 (2016) Pengaruh Metode Stop Think Do Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 11langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
FITRIA NINGSIH...pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode Stop Think Do adalah suatu metode pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi siswa. Tujuan utama dari metode ini adalah sebagai pembangkit motivasi siswa. Dalam pelaksanaannya bukan hanya guru yang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran namun seimbang keduanya dimana siswa diikutsertakan dalam merancang program pembelajaran sehingga siswa merasa diperhatikan oleh guru dan menjadi termotivasi untuk belajar untuk mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Stop think Do terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada materi aritmatika sosial pokok bahasan menghitung harga jual, harga beli, untung, dan rugi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 11 Langsa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 85 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 yang berjumlah 19 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII3 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara acak dengan undian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berupa angket berjumlah 20 item pernyataan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan  = 0,05 diperoleh thitung = 3,35 dan ttabel = 1,68, dan ini berarti bahwa thitung ≥ ttabel ; sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Stop Think Do terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 11 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Jelita, M.Pd Pembimbing II:Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Stop Think Do, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:23
Last Modified: 05 Mar 2024 04:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item