Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Monopoli Pada Siswa kelas VII SMP N 2 Idi Timur

Novi Rahayu, 1032019020 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Monopoli Pada Siswa kelas VII SMP N 2 Idi Timur. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI NOVI RAHAYU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyampaian materi pembelajaran yang baik tentunya didukung dengan media pembelajaran yang baik pula. Siswa merasa jenuh, tidak fokus terhadap mata pelajaran matematika dan menganggap matematika itu merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. selain itu guru juga kesulitan membuat alat peraga atau media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya nilai siswa pada mteri bangun datar. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan sebah media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang kemampuan siswa, Salah satu media pembelajarannya adalah Media monopoli karena media monopoli ini dapat melatih siswa dalam menyelesaikan soal terkait dengan materi bangun datar. Adapun metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) dengan model ADDIE. Selanjutnya, subjek dalampenelitian ini diantaranya meliputi tiga orang dosen sebagai ahli materi, ahli media dan ahli bahasa kemudian guru matematika serta 27 siswa kelas VII-3 SMP N 2 Idi Timur. Sementara itu, intrumen dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes. sesudah itu, analisis data dilakukan sacara manual dan penskoran skala likert 5 jawaban. Sehingga, berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses Pengembangan media pembelajaran berbasis monopoli pada penelitian ini melewati 5 tahapan mulai dari dari Analysis, Desighn, Development, Implementation, dan Evaluation atau bisa disebut dengan model ADDIE, (2) hasil analisis kelayakan dari para validator ahli materi, ahli media dan ahli bahasa pada media pembelajaran berbasis monopoli telah memenuhi kriteria layak, karena untuk ahli materi manunjukkan hasil TCR sebesar 3,6 sedangkan ahli media menunjukkan hasil TCR sebesar 4,8 dan ahli bahasa menunjukkan hasil TCR sebesar 3,8, (3) hasil uji kepraktisan menggunakan angket respon guru memperoleh nilai 4,1 dan pada angket rwespon siswa diperoleh nilai 3,6 dengan kriteria produk praktis, (4) Nilai rata-rata pre-test 61,8 dan post-tes 84,6. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yenny Suzana, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan monopoli, R&D, Model ADDIE
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Mar 2024 09:26
Last Modified: 04 Mar 2024 09:28
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item