Perbandingan Penggunaan Metode Talqin Dan Pakistani Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Smp Itq Huda Wan Nur Kota Langsa

Cut Dila Aura, 1012019009 (2023) Perbandingan Penggunaan Metode Talqin Dan Pakistani Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Smp Itq Huda Wan Nur Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
4_merged (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode talqin adalah dimana guru tahfiz mendiktekan ayat yang akan dihafal kepada siswa dengan beberapa kali pengulangan, kemudian bacaan tersebut ditirukan oleh murid hingga hafal.Sedangkan Pakistani merupakan metode pembelajaran Tahfidzul Quran yang diadaptasi dari Pakistan yang terdiri dari tiga sistem yaitu: Sabak, Sabki dan Manzil. Sabak adalah hafalan baru yang diperdengarkan setiap hari kepada ustadz tahfidz. Sabak dikenal juga dengan istilah setoran,Sabki adalah mengulang hafalan yang sedang dihafal. Dan Manzil atau lebih dikenal dengan istilah Muraja’ah adalah mengulang juz-juz yang sudah dihafal sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan metode talqin dan pakistani terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an serta respon Siswa SMP ITQ Huda Wan Nur Kota Langsa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Talqin dan Pakistani.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaif dengan menggunakan test. Sampel yang diteliti yaitu seluruh kelas VII.A dan VII. B SMP ITQ Huda Wan Nur Kota Langsa yang berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan (praktik) menghafal Al-Qur’an dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas VII.A didapat 0,228(ρ>0,05) pada kelas VII. B diperoleh 0,077 (ρ>0,05) pada metode Pakistani. Berarti Hipotesis Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh dari hasil Test Of Homogeneity Variances bahwa ρ>0,05 maka data diambil dari data yang homogeny. atau sama. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh metode Pakistani terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-qur’an surat-surat pendek kelas VII.B SMP ITQ Huda Wan Nur Kota Langsa. Dengan selisih mean 3,8 (Talqin= 66,24 dan Pakistani 70,04) yang berarti metode Pakistani lebih berpengaruh dari pada metode Talqin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :M. Fadli, M.Pd Pembimbing II:Nazliati, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Metode Talqin, Metode Pakistani, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:36
Last Modified: 19 Feb 2024 08:36
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item