ANALISIS TINGKAT KESULITAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA PRODI MATEMATIKA DI STAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA TA. 2012-2013

SRI DANIATI, 130900422 (2014) ANALISIS TINGKAT KESULITAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA PRODI MATEMATIKA DI STAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA TA. 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
OK.pdf

Download (182Kb) | Preview

Abstract

Mahasiswa PPL yang sudah dibekali dengan kompetensi yang cukup untuk melaksanakan PPL diharapkan mampu mengajar dengan dengan baik pada saat berada di lapangan. Kompetensi mengajar yang dimiliki oleh seorang calon guru memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Diduga mahasiswa PPL prodi PMA T.A. 2012-2013 mengalami kesulitan yang berarti dalam melaksanakan PPL. Dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang dari total seluruh mahasiswa PPL prodi PMA T.A. 2012-2013 yang berjumlah 197 orang, penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui kesulitan apa saja yang di alami oleh mahasiswa PPL prodi PMA tahun ajaran 2012-2013 dan mengapa mahasiswa-mahasiswi tersebut mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Data dikumpulkan dari angket dan daftar nilai hasil PPL yang diolah dengan cara menggunakan kategori persentase dan dijelaskan dengan analisa deskripsiptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan kesulitan-kesulitan dialami mahasiswa PPL dalam tiga tahap yaitu perencanaan dalam pembelajaran, proses pembelajaran dan komunikasi. Pada perencanaan pembelajaran, ada tiga temuan penelitian tentang kesulitan ini yang prosentasenya cukup besar yaitu menentukan media pembelajaran (40%), mendesain ruang belajar (20%), dan menentukan prosedur penilaian (10%). Pada proses pembelajaran kesulitan terbesar adalah merangsang dan memotivasi siswa bertanya hal ini disebabkan karena tidak menguasai konsep dasar matematika (25%), kurang minat terhadap matemaika (20%), siswa malu dan takut (20%), materi terlalu banyak (15%). Dalam berkomunikasi dengan siswa, kesulitan yang paling sering terjadi adalah merangsang minat siswa terhadap pelajaran matematika (60%) dan membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa (25%) menjadi kesulitan yang banyak dialami oleh mahasiswa PPL. vii.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: Yulidar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: PENGALAMAN LAPANGAN, ANALISIS, MAHASISWA
Subjects: Pendidikan > Kendala Dlm Bidang Pendidikan
Pendidikan > Murid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Mar 2016 08:43
Last Modified: 07 Mar 2016 08:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item