Penerapan Pendekatan Mikir untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MIS Gampong Meutia Langsa

Safitri Andriani, 1052019059 (2023) Penerapan Pendekatan Mikir untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MIS Gampong Meutia Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
.SAFITRI ANDRIANI. 1052019059. PGMI. 2023.pdf

Download (801kB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa kelas V MIS Gampong Meutia Langsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2 pada tema 9 subtema 2 dengan materi tentang menjelaskan cara penyampaian pada iklan. Berdasarkan dari hasil observasi yang peneliti lakukan, pada saat pembelajaran siswa tampak kurang fokus dalam mendengarkan penjelasan materi dari guru, serta kelihatan bosan, selain itu siswa juga terlihat tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dikelas, hal ini dilihat dari banyanya siswa yang sibuk berbicara bersama teman sebangkunya, bahkan ada yang bermain-main seperti, menggangu temannya, menjahili temannya yang sedang fokus mengikuti pembelajaran, siswa cenderung pasif hanya sebagian kecil yang aktif mengikuti pembelajaran. kemudian siswa suka mengejek pendapat temannya yg lain, sehingga beberapa siswa malas untuk menyampaikan ide ataupun pendapat, dan beberapa siswa ada kurang mampu menyampaikann ide nya dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan juga benar. Hal tersebut terjadilah penurunan daripada aktivitas belajar siswa dikelas. Untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan pendekatan MIKIR. Tujuan penerapan pendekatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru dan kegiatan aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Gampong Meutia Langsa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jensis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tahapan dalam siklus ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui, proses dari siklus I dan siklus II, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukan bahawa aktivitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I dan sikus II terjadi peningkatan. Pada siklus I terdapat angka presentase 45% dan setelah dilakukan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Jadi adapun peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu 32% dari siklus I.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa siswa kelas VA MIS Gampong Meutia mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Chery Julida Panjaitan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Pendekatan MIKIR, Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:13
Last Modified: 28 Nov 2023 03:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item