Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tabung Gas Lpg Non Subsidi Di Kota Langsa Ditinjau Dari Persfektif Ekonomi Islam

Nabila Ulfa, 4022018078 (2023) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tabung Gas Lpg Non Subsidi Di Kota Langsa Ditinjau Dari Persfektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI NABILA ULFA NIM 4022018078.pdf

Download (886kB)

Abstract

Saat ini kebutuhan akan gas LPG di Kota Langsa relative tinggi sehingga banyak masyarakat kelas menengah atas memilih untuk menggunakan gas LPG bersubsidi dikarenakan harga gas tersebut jauh lebih murah. Hal ini mengakibatkan penjualan gas LPG non subsidi pada pangkalan-pangkalan gas menjadi rendah. Melalui strategi pemasaran dengan menggunakan konsep bauran pemasaran (Mareting Mix) 4P yaitu, price (harga), product, (produk), places (distribusi) people (orang), Setiap perusahaan dapat meningkatkan penjualan produknya dengan mengunakan sistem pemasaran yang efektif. Dalam ekonomi Islam, terdapat prinsip-prinsip pemasaran yang harus dipatuhi oleh seorang pengusaha yaitu berlaku adil, rela sama rela dan adanya hak khiyar terhadap pembeli (hak pembatalan terhadap barang), kejujuran, dan tadlis (penipuan menyangkut kuantitas, kualitas, dan waktu penyerahan serta harga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tabung gas LPG non subsidi ditinjau dari persfektif Ekonomi Islam dan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam meningkatkan penjualan tabung gas LPG non subsidi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Langsa. Informan penelitian sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tahap pengumpulan data dan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam persfektif Ekonomi Islam pangkalan-pangkalan gas LPG di Kota Langsa sudah melakukan strategi pemasaran sesuai dengan aturan Islam. Pangkalan-pangkalan gas LPG di Kota Langsa selalu memperhatikan kualitas tabung yang akan dijual kepada masyarakat dan tidak menjual tabung yang cacat, melayani konsumen dengan baik. Kendala dalam meningkatkan penjualan tabung gas LPG non subsidi yaitu faktor kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga tabung gas LPG non subsidi dan faktor ekonomi masyarakat sehingga timbulnya kendala dalam meningkatkan penjualan tabung gas LPG non subsidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Fahriansah, Lc.MA Pembimbing II:Zikriatul Ulya, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Penjualan
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Nov 2023 08:36
Last Modified: 08 Nov 2023 08:36
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item