Cut Nia Cinde, 3012018041 (2022) Fashion Sebagai Media Komunikasi Artifaktual Dalam Pembentukan Identitas Sosial Mahasiswi Unsam Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
Skripsi Cut Nia.pdf Download (748kB) |
Abstract
Busana atau yang lebih tren disebut fashion adalah segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud melindungi tubuh maupun memperindah suatu penampilan dan menambah rasa percaya diri dalam diri orang yang memakai fashion tersebut. Busana atau fashion tidak terlepas dari mode atau biasa disebut tren karena busana dan mode satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Fashion merupakan salah satu bentuk komunikasi artifaktual yang mana komunikasi langsung yang menggunakan simbol pakaian sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada khayak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fashion sebagai media komunikasi artifaktual dalam pembentukan identitas sosial pada mahasiswi UNSAM Langsa dan untuk mengetahui hubungan antara fashion dan pembentukan identitas sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Dalam penelitian ini menggunakan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswi UNSAM Langsa jurusan Pendidikan Sejarah angkatan 2018 yang berjumlah 273 orang. Teknik dalam pengambilan sampel skripsi ini menggunakan snowball sampling atau pengambilan sampel rujukan berantai didefinisikan sebagai teknik pengambilan sampel nonprobabilitas dimana sampel memiliki sifat yang jarang ditemukan. Ini adalah teknik pengambilan sampel, dimana subjek yang ada memberikan rujukan untuk merekrut sampel yang diperlukan untuk studi penelitian. Karena itu peneliti mengambil sampel 5 mahasiswi jurusan Pendidikan Sejarah angkatan 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fashion memang dapat mendeskripsikan diri seseorang dan juga identitas sosial orang yang memakai fashion tersebut namun tidak semua fashion seseorang itu dapat mendeskripsikan dirinya, karena ada juga yang memakai dan mengikuti tren fashion hanya karena orang tersebut suka dan nyaman dengan fashion itu bukan karena kepribadiannya seperti fashion yang mereka pakai. Fashion juga sangat berhubungan dengan pembentukan identitas sosial seseorang, karena dari fashion yang mereka pakai dapat menunjukkan identitas sosialnya. Seperti fashion seorang yang selalu memakai busana seragam yang mana itu menunjukkan bahwa identitas sosialnya seorang PNS, tentara atau polisi dan seseorang yang sering memakai busana yang berbunga-bunga itu bisa menunjukkan bahwa orang tersebut berkarakter ceria.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Anwar, M. Kom.I Pembimbing II:Al Mutia Gandhi,M.kom.I |
Uncontrolled Keywords: | Fashion, Komunikasi Artifaktual, Identitas Sosial |
Subjects: | Hukum Islam > Wanita Dalam Islam > Pakaian |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:35 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3838 |
Actions (login required)
View Item |