Khairunnisa, 5032017021 (2022) Pengaruh Disipilin dan Motivasi Guru PAI Terhadap Hasil Belajar PAI pada Masa Pandemi di MTs sekota Langsa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
.KHAIRUNNISA. 5032017021. Pasca PAI. 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Disiplin tidak hanya berlaku kepada siswa akan tetapi kedisiplinan juga berlaku kepada guru terutama guru PAI, setiap guru PAI harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh sekolah dan bertanggung jawab atas tugasnya. Kedisiplinan guru PAI sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar PAI siswa karena apabila gurunya kurang disiplin dalam mengajar maka para siswa juga akan kurang disiplin dalam belajar, siswa akan mengikuti apa yang diperbuat oleh guru PAI. Selain disiplin faktor motivasi juga menjadi Salah satu penentuan berhasil tidaknya dalam proses belajar-mengajar yang dilakukan adalah motivasi belajar dan semangat mengajar guru PAI itu sendiri. Motivasi guru PAI dalam mengajar harus menjadi daya dorong untuk menghasilkan peserta didik yang berkompeten dalam mewujudkan hasil belajar yang baik. Hal ini dapat di lihat melalui bentuk tingkah laku belajar PAI siswa. Tugas guru PAI sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi atau pelajaran di dalam kelas saja, akan tetapi harus bisa memberikan motivasi kepada siswa. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang tinggi, maka peranan guru dan siswa sangatlah dibutuhkan, sebab hanya seorang gurulah dan siswa itu sendiri yang mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa pada saat berada di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang dilakukan dengan menyebarkan angket sebagai alat pendukung penelitian yang disebarkan kepada 51 guru PAI tingkat MTs Se Kota Langsa yang terdiri dari 4 Kecamatan yang ada di Kota Langsa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisa data penulis menggunakan Uji Persyaratan Analisis, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Berganda dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian bahwa disiplin (X1) berpengaruh berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa dari thitung sebesar - 1,236 dan ttabel sebesar 0,2329 sehingga thitung < ttabel dan dilihat dari tingkat signifikansinya variabel disiplin memiliki nilai sebesar 0.223 diatas dari nilai signifikan sebesar 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, sedangkan Motivasi Guru PAI terhadap hasil belajar PAI siswa yaitu thitung sebesar 2,511 dan ttabel sebesar 0,2329 sehingga thitung < ttabel dan dilihat dari tingkat signifikansinya variabel motivasi guru PAI memiliki nilai sebesar 0.01 diatas dari nilai signifikan sebesar 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Nurmawati, M.Pd Pembimbing II:Dr. Yusaini, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Dampak Kedisiplinan Guru, Motivasi Guru,Pandemi |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:38 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3804 |
Actions (login required)
View Item |