Khairunnisa, 4022017079 (2023) Strategi Marketing Toko Hafizah ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
.KHAIRUNNISA. 4022017079. EKS. 2023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stretegi marketing yang diterabkan Toko Hafizah Kabupaten Aceh Timur dan kesesuaiannya dengan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Toko Hafizah, karyawan dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing yang diterapkan Toko Hafizah Kabupaten Aceh Timur adalah strategi produk yaitu dengan melalui pertimbangan dan perencanaan dalam keputusan menjual produk dalam bentuk hijab wanita karena berdasarkan lokasi usaha yang terletak di daerah yang mayoritas beragama islam, pengawasan terhadap perkembangan tren fashion, penentuan pemasok produk dan penjagaan terhadap kualitas produk. Strategi lokasi yaitu dengan memilih lokasi usaha di pusat perbelanjaan Kota Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur dan menjaga suasana serta kebersihan toko setiap harinya. Strategi harga yaitu dengan memperkirakan harga beli produk dari pemasok, biaya distribusi dan biaya operasional usaha dan tidak mengambil keuntungan yang besar. Strategi promosi yaitu dengan mengandalkan word of mouth dan promosi melalui media sosial. Strategi marketing yang diterapkan oleh Toko Hafizah Kabupaten Aceh Timur telah sesuai dengan etika bisnis Islam. Hal tersebut terlihat dari prinsip tauhid yang diterapkan oleh pemilik usaha dengan selalu menjaga kualitas produk yang ditawarkan, prinsip kesimbangan (al ‘adl wa al ihsan) yang terlihat dari pemenuhan hak karyawan dan konsumen, prinsip kehendak bebas (ikhtiyar) yang terlihat dari upaya mempertahankan pelanggan dengan adanya promo atau diskon, tanggung jawab (fardh) yang terlihat dari perilaku toko dalam memenuhi tanggung jawabnya terhadap produk yang cacat dan tetap berperilaku secara transparan dalam mempromosikan produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Prof. Dr. Iskandar, M.CL Pembimbing II: Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Marketing, Strategi |
Subjects: | Hukum Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 03:31 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3803 |
Actions (login required)
View Item |