Cut Lutfiah Zahra, 1022016024 (2022) Modifikasi Permainan Monopoli dalam Pembelajarn Bahasa Arab untuk Tingkatan Tsanawiyah. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
CUT LUTFIAH ZAHRA. 1022016024. PBA. 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran Bahasa Arab, ada empat keterampilan yang harus diajarkan kepada siswa, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Namun pada kenyataannya siswa masih menghadapi banyak kesulitan dalam keterampilan tersebut. Penelitian ini berfokus pada kemampuan untuk meningkatkan kosa kata. Alasan kesulitan siswa dalam mengajar bahasa Arab antara lain karena sebagian besar siswa yang berasal dari lulusan Sekolah Dasar dan media yang digunakan guru tidak menarik perhatian siswa, dimana terkesan membosankan. Dengan demikian, perlu adanya media alternatif untuk mengekspresikan diri dan bekerja sama dengan teman, dan salah satunya dengan media permainan Monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran monopoli media terhadap kemampuan meningkatkan kosakata. Penelitian ini dilakukan di MTSN 3 Aceh Tamiang dengan menggunakan Metode RND (Research and Development). Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah angket. Setelah melakukan penelitian, peneliti mencapai hasil: Modifikasi permainan Monopoli dalam pembelajaran bahasa Arab untuk tingkat menengah efektif, dan buktinya adalah bahwa nilai tes 8,9 lebih besar dari 4,2 dari (t) tabel. Pada nilai monopoli akhir, skor tertinggi adalah 90 dengan 10 pertanyaan dan skor terendah adalah 70
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Mutia Rahmah, MA |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Monopoli, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 08:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 08:57 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3733 |
Actions (login required)
View Item |