Nanda Salsabila, 1062018028 (2023) Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air melalui Kegiatan Fun Cooking Makanan Tradisional di TK Islam Nurul Chadijah. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NANDA SALSABILA. 1062018028. PIAUD. 2023.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sikap cinta terhadap tanah air ini merupakan perwujudan dari kebanggaan diri seseorang terhadap tanah airnya. Penanaman sikap cinta tanah air pada anak salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan fun cooking makanan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman sikap cinta tanah air pada anak melalui kegiatan fun cooking makanan tradisional, adapun makanan tradisional yang diteliti dalam penelitian ini dibatasi pada timphan dan tumpoe. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan fun cooking makanan tradisional dapat menanamkan sikap cinta tanah air pada anak. Sikap cinta tanah air pada anak meningkat pada setiap siklus. Setelah siklus II dilaksanakan banyak anak yang tuntas adalah sebanyak 15 (100 %) anak dengan rata-rata ketuntasan mencapai 85 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan fun cooking makanan tradisional dapat menanamkan sikap cinta tanah air pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Junaidi, M.Pd.I Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Cinta Tanah Air, Fun Cooking, Makanan Tradisional |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 05:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 05:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3713 |
Actions (login required)
View Item |