Stimulus Hafalan Al-Qur'an melalui Seni Tilawah pada Anak-Anak di TPQ Nurul Iman Desa Tamaran Kecamatan Haini Kabupaten Langkat

Kevin Wahyu Pradana, 1012018006 (2022) Stimulus Hafalan Al-Qur'an melalui Seni Tilawah pada Anak-Anak di TPQ Nurul Iman Desa Tamaran Kecamatan Haini Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
KEVIN WAHYU PRADANA. 1012018006. PAI. 2022.pdf

Download (849kB)

Abstract

Pembelajaran menghafal Al Qur’an yang berlangsung diTPQ Nurul Iman dalam pelaksanaannya masih menunjukan permasalahan yaitu kurang semangat dalam menghafal, cepat melupakan yang sudah dihafal, panjang pendeknya masih lemah, hal tersebut berdampak lemahnya kemampuan hafalan murid di TPQ Nurul Iman. Munculnya permasalahan tersebut murid perlu diberikan stimulus berupa seni tilawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberian stimulus dan mengetahui peningkatan hafalan melalui seni tilawah, penulis menggunakan0jenis0penelitian tindakan0kelas (PTK) yaitu menggunakan metodologi penelitian deskriptif0merupakan penelitian0untuk memberikan0data dengan0menggambarkan0gejala tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian stimulus melalui seni tilawah pada hafalan surah Al-Falaq ayat 1-5 yaitu terdapat 3 respon, respon perseptual (kognitif), respon emosional (afektif), respon behavioristik (tingkah laku). Respon perseptual (kognitif) menggambarkan murid lebih cepat meniru ustadz (guru) dalam menghafal, dan daya ingatanya tidak akan lupa, respon emosional (afektif) menggambarkan murid ketika menghafal menggunakan seni tilawah tidak banyak mengobrol dengan sendirinya maupun dengan temannya, dan respon behavioristik (tingkah laku) menunjukkkan murid disiplin dengan kehadirannya, tidak pernah absen. Adapun untuk peningkatan hafalan surah Al –Falaq melalui seni tilawah yaitu pada sebelum diberi tindakan, murid malas menghafal, hafalan banyak yang lupa, kemudian makhrajul huruf dan tajwid masih kurang, pada tindakan siklus I hanya 6 orang saja yang mencapai0ketuntasan yaitu mendapatkan hasil sebanyak 54.54%. Kemudian penulis melakukan tindakan0pada0siklus II, pada siklus II ketuntasan menghafal murid meningkat yaitu ada 9 orang yang mendapatkan ketuntasan dengan presentase 81.81%. Hal ini membuktikan bahwa terjadinya perubahan atau pun peningkatan hafalan pada anak-anak di TPQ Nurul Iman Desa Tamaran Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat melalui seni tilawah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mahyiddin, MA Pembimbing II; Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: Seni Tilawah, Meningkatkan Hafalan Alqur’an
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:45
Last Modified: 27 Jul 2023 03:47
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item