Pengembangan Media Canva dengan Model (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Swasta Dharma Patra Pangkalan Susu

Jihan Sari Fiana, 1032018014 (2022) Pengembangan Media Canva dengan Model (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Swasta Dharma Patra Pangkalan Susu. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
JIHAN SARI FIANA. 1032018014. PMA. 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang hadir guna menjembatani penggunanya dalam merancang berbagai jenis material kreatif secara online, seperti mendesain bahan ajar elektronik yaitu E-Modul. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengembangan media Canva dalam bentuk E-Modul berbasis RME dengan materi segiempat, (2) kelayakan pengembangan media Canva dalam bentuk E-Modul berbasis RME, (3) tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media E-Modul berbasis RME dengan materi segiempat. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Selanjutnya, subjek dalam penelitian ini diantaranya meliputi dua orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media kemudian guru matematika serta 29 siswa kelas VII-3 SMP S Dharma Patra Pangkalan susu. Sementara itu, instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes. Kemudian, analisis data dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistic versi 26.0 dan penskoran skala likert 5 jawaban. Sehingga, berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pengembangan E-Modul berbasis RME pada penelitian ini melewati 5 tahapan mulai dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation atau bisa disebut dengan model ADDIE, (2) hasil analisis kelayakan dari para validator ahli materi dan ahli media pada E-Modul telah memenuhi kriteria sangat layak, dimana untuk ahli materi menunjukkan hasil TCR sebesar dan ahli media menunjukkan hasil TCR sebesar serta hasil uji kepraktisan menggunakan angket respon guru memperoleh nilai dan pada angket respon siswa diperoleh nilai dan dengan keriteria produk sangat praktis, (3) nilai rata-rata pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan serta hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai , yakni dengan putusan diterima dan ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa E-Modul berbasis RME dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faisal, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-Modul, Canva, RME, Model ADDIE.
Subjects: Matematika > Topik Khusus Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:52
Last Modified: 07 Jul 2023 08:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item