Peningkatan Psikomotorik dengan Menggunakan Metode Hots pada Materi Jenazah Siswa di MTs Teladan Gebang

Mutiara Sari, 1012018004 (2023) Peningkatan Psikomotorik dengan Menggunakan Metode Hots pada Materi Jenazah Siswa di MTs Teladan Gebang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MUTIARA SARI. 1012018004. PAI. 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Higher order thingking Skill (HOTS) merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Dengan menggunakan HOTS, siswa akan memperoleh pemahaman yang mendalam pada konsep pembelajaran dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata. sehingga siswa dapat meningkatkan kemampaunnya psikomotoriknya terutama pada materi shalat jenazah pada pembelajaran fikih. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Higher order thingking Skill (HOTS) merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Dengan menggunakan HOTS, siswa akan memperoleh pemahaman yang mendalam pada konsep pembelajaran dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata. sehingga siswa dapat meningkatkan kemampaunnya psikomotoriknya terutama pada materi shalat jenazah pada pembelajaran fikih. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Metode HOTS untuk meningkatkan psikomotorik Pada Materi Jenazah di MTs Teladan Gebang/ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi Model Kamis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode HOTS untuk meningkatkan psikomotorik Pada Materi Jenazah di MTs Teladan Gebang dapat terlaksana dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan proses pembelajaran peneliti dan siswa berdasarkan lembar observasi. Ketuntasan belajar psikomotorik siswa menghasilkan peresntase yang sangat baik dan dapat terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I persentase hasil belajar mencapai 65% meningkat menjadi 77,5% pada siklus 2.. Disarankan untuk Guru, hendaknya juga melakukan tindakan perbaikan kelas setiap melakukan kegiatan belajar mengajar, agar kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dengan semakin baik, guru juga dapat menerapkan model tersebut pada kelas yang lain apabila situasi dan kondisinya sesuai dengan kelas tersebut. Untuk Peneliti lain, Dengan adanya analisis ini diharapkan mampu menjadikan refrensi bagi para guru dan peserta didik untuk menerapkan pembelajaran HOTS khususnya dalam pembelajaran Fikih, sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat diukur dan dicapai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Asrul, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Psikomotorik, Metode Hots, Materi Jenazah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:03
Last Modified: 06 Jul 2023 04:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item