Hanni Sukma, 1052018025 (2022) Dampak Frekuensi Belajar Masa Pandemi Covid 19 pada Prestasi Siswa dikelas V MIN 5 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
HANNI SUKMA. 1052018025. PGMI. 2023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Frekuensi belajar yang tidak menentu dan menurun di masa pandemi Covid 19, dimana anak-anak harus melakukan Daring dan penggunaan shif dalam proses belajar mengajar menjadikan anak-anak semakin tertinggal dalam pembelajaran IPA kelas V, dan kurang memahami materi pembelajaran. Hal ini yang yang pada saat ini di alami oleh seluruh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui frekuensi belajar siswa di kelas V MIN 5 Langsa pada masa pandemi Covid 19. Untuk mengetahui dampaknya pada prestasi/prestasi belajar siswa kelas V MIN 5 masa pandemic covid 19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa, adapun prestasi penelitian yang diperoleh dilapangan yaitu : Frekuensi belajar siswa selama pandemi covid 19, mengalami penurunan, hal ini jadwal pembelajaran yang berkurang, terutama pada masa daring dimana tatap muka yang dilakukan tidak terlaksana dengan baik, adanya pelaksanaan sistem shift disekolah cukup membantu siswa dalam proses belajar mengajar, namun adanya pengurangan waktu belajar menjadikan siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Frekuensi belajar mengalami penurunan hal ini dibuktikan dari nilai prestasi belajar siswa. Adapun yang menjadi penghambat yaitu jaringan internet, habisnya kuota, serta sarana dan prasarana, sedangkan faktor pendukung proses belajar mengajar pada masa pandemic yaitu sarana prasarana, adanya bantuan kuota internet untuk guru dan siswa, serta bantuan orang tua dirumah dan minat siswa. Dampak dari frekuensi belajar selama pandemi covid 19 pada prestasi belajar siswa yaitu siswa mengalami penurunan belajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa terutama pada pelaksanaan sistem daring.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zulfitri, MA Pembimbing II: Meutia Rahmah, MA |
Uncontrolled Keywords: | Frekuensi Belajar, Pandemi covid 19, Prestasi Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:17 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:18 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
View Item |