Nur Maqfirah, 1052018006 (2022) Penerapan Metode The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 2 Langsa Tahun 2021/2022. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
NUR MAQFIRAH. 1052018006. PGMI. 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia biasanya digunakan metode ceramah. Kondisi ini menyebabkan siswa bersikap membosankan dan terlihat pasif ketika guru membimbing materi. Sugesti-sugesti yang ada di benak siswa seperti kebosanan dan ketidakbiasaan mempengaruhi kurangnya pemahaman atau kemampuan mereka dalam menyerap pesan-pesan mata pelajaran bahasa Indonesia. Guru harus mendemonstrasikan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghadapi siswa yang hanya menyukai mata pelajaran yang dianggap mudah dan populer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model atau desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Kemmis dan Tanggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 komponen yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi).Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode the power of two siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 2 Langsa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 2 Langsa dengan metode the power of two. Peneliti juga memberikanbatasanmasalahdalampenelitianini di Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Langsa dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Model atau desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Kemmis dan Tanggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 komponen yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan metode the power of two pada pembelajaran bahasa Indonesia diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 82,03. Pada siklus II, penelitian tindakan kelas telah mencapai keberhasilan, dimana jumlah peserta didik yang memenuhi KKM telah mencapai 100% dari total siswa sebanyak 27 orang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | The Power of Two, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 07:47 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3607 |
Actions (login required)
View Item |