Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(Umkm) Zaqis Baru Swalayan Kecamatan Peuruelak Kabupaten Aceh Timur Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2019 -2022

Hikmatul Fitri, 40032017042 (2022) Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(Umkm) Zaqis Baru Swalayan Kecamatan Peuruelak Kabupaten Aceh Timur Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2019 -2022. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
HIKMATUL FITRI.4032017042.MKS.2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 pertama kali terdeteksi di wuhan china tahun 2019. Gejala Covid-19 umumnya berupa demam 38°C, batuk kering, dan sesak nafas serta dampak paling buruk untuk manusia ialah kematian. Sampai 17 April 2021 pukul 10:38:37 WIB, dilaporkan terdapat 139.645.558 kasus terkonfirmasi dari 185 negara yang 2.996.305 orang diantaranya meninggal dunia serta 79.545.456 orang bisa disembuhkan Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia, berdasarkan data dari kementerian koperasi yang menggambarkan bahwa 1.785 koperasi dan 163.713 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak pandemi Covid-19 Kebanyakan koperasi yang terkena dampak Covid-19 bergerak pada bidang kebutuhan sehari hari, sedangkan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang paling terdampak yakni makanan dan minuman.Salah satu UMKM yang terdampak adalah UMKM Zaqis Baru swalayan yang terletak di kecamatan Peureulak. Salah satu cara untuk meminimalisir dampat dari pandemi covid-19 maka diperlukan strategi pemasaran dalam menghadapi pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penjualan sebelum dan selama pandemi Coronavirus Disease Of 19 dan tentang strategi penjualannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini bersumber dari informan yaitu karyawan dan pemilik zaqis baru swalayan. Penelitian ini berlokasi di kecamatan Peureulak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data reduction, data display data verifikasi. Dari hasil data strategi penjualan Zaqis Baru Swalayan sebelum dan selama Coronavirus Disease 19 di Kecamatan Peureulak. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Strategi pemasaran selama Pandemi covid-19 pada Zaqis baru swalayan sudah menerapkan bauran pemasaran yang memiliki 7 elemen dari pemasaran product (produck), price (harga), place (lokasi atau distribusi), promotion (promosi atau komunikasi), people (manusia), process (proses), physical evidence (bukti fisik) sudah sesuai dengan yang telah di terapkan. Penentuan harga yang digunakan sangat mudah dijangkau karna sesuai dengan harga pasar dan strategi yang digunakan untuk mempertahankan mutu usaha dan kualitas pelayanan, hal ini sudah diterapkan di Zaqis Baru swalayan kecamatan Peureulak dengan baik. Letak lokasi Zaqis Baru swalayan sudah strategis sehingga membuat Konsumen di kecamatan Peureulak dapat dengan mudah menjangkau swalayan tersebut. Dalam hal promosi Zaqis Baru swalayan tidak terlalu banyak menyebarkan informasi melalui slogan, poster dan spanduk, melainkan dari mulut ke mulut. Walaupun begitu Zaqis Baru Swalayan sangat banyak diketahui oleh masyarakat di kecamatan Peureulak dan mereka juga sudah mempercayai bahwa Zaqis baru swalayan ini sudah sangat baik. Physical Evidence dari Zaqis baru swalayan sesuai dengan hasil wawancara oleh masyarakat di kecamatan Peureulak bahwa Physical Evidence yang terdapat di Zaqis baru swalayan sudah sangat baik dan memuaskan masyarakat. Seperti lingkungan dan ruangan yang bersih, fasilitas yang memadai kinerja pelayanan, dan karyawan yang ramah serta segala jenis bahan keburuhan sehari-hari, makanan ringan dan minuman yang lengkap dan dekorasi ataupun susunan letak yang rapi.Pada penjualan harga selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan sebesar Rp.6.204.000 per hari, mengalami penurunan sebesar 40,72%, dari omset sebelum pandemi covid-19 sebesar Rp. 10.466.000 per hari .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :M.Yahya, S.E, M.Si, MM Pembimbing II:Zulfa Eliza, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pandemi Covid-19, Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Subjects: Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:17
Last Modified: 15 Jun 2023 02:17
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item