Pengaruh Strategi STAD Bersimulasi Dengan Menggunakan Media Dompet Rahasia Terhadap Capaian Belajar Siswa,

Carissa Alifia, 1052019002 (2023) Pengaruh Strategi STAD Bersimulasi Dengan Menggunakan Media Dompet Rahasia Terhadap Capaian Belajar Siswa,. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
CARISSA ALIFIA.1052019002.PGMI.2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu rangkaian yang terencana dan dipilih untuk memudahkan siswa agar mencapai tujuan belajar. Pada proses belajar yang terjadi di kelas V masih ada siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terjadi karena beberapa hal yaitu penggunaan strategi dan media pembelajaran. Dalam penggunaan media dan strategi merupakan suatu hal yang sangat penting. Disinilah perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat agar pembelajaraan bisa berjalan secara efektif dan menarik minat siswa, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Maka pada penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah penggunaan strategi STAD memiliki pengaruh dengan penggunaan media pembelajaran dompet rahasia. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pada desain pre test and post test group yang dilakukan pada satu kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 15 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, hasil belajar dan angket (kusioner). Hasil penelitian pertama yaitu siswa sangat antusias belajar dengan menggunakan media dompet rahasia, hal ini dibuktikan dari hasil respons siswa pada pengujian hipotesis nilai R = 0,839 dan R Square = 0,704 dapat disimpulkan yaitu bahwa besarnya antusias siswa dalam penggunaan media dompet rahasia sebesar 70,4 %, sisanya 29,6 % terdapat siswa yang tidak antusias dalam penggunaan media dompet rahasia. Adapun hasil penelitian yang kedua yaitu terdapat pengaruh strategi STAD dengan menggunakan media dompet rahasia terhadap capaian belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil pretes dan postes pada pengujian hipotesis terdapat nilai R = 0,110 dan R Square = 0,012 maka besarnya pengaruh Srategi STAD dengan menggunakan media dompet rahasia terhadap capaian belajar siswa sebesar 98,8% sehingga data berkontribusi baik. Sisanya 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Pada penelitian ini strategi STAD dalam penggunaan media dompet rahasia dapat meningkatkan rasa antusias belajar siswa dan mencapai hasil belajar yang diinginkan. Didalam proses belajar yang interaktif, siswa diajak untuk aktif bertanya jawab bersama teman dan guru, sehingga dengan penggunaan strategi STAD dan media dompet rahasia akan mencapai hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Rita Sari, M.Pd Pembimbing II:Chery Julida Panjaitan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi STAD, Media Dompet Rahasia, Capaian Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:52
Last Modified: 08 Jun 2023 03:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item