Cintra Pratiwi, 1052016013 (2021) Menumbuhkan Sikap Kebhinekaan Pada Siswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Kelas III MIN 4 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
CITRA PRATIWI.1052016013.PGMI.2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran PKN mengenai menumbuhkan sikap kebhinekaan pada siswa melalaui PBL kelas III MIN 4 Langsa. Dengan materi melalui penerapan model pembelajaran based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek peneltian ini adalah siswa kelas III MIN 4 Langsayang berjumlah dengan jumlah siswa 28 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 oarng siswi perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam peelitian ini adalah teknik analisis data interaktif. Aktifitas penelitian menunjukkan penerapan PBL dapat menumbuhkan sikap kebhinekaan pada siswa kelas III MIN 4 Langsa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 64,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 46,42%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa 76,07 dengan persentase ketuntasan klasikal 89,28%. Disamping itu penggunaan PBL memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa, dimana aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan di setiap indikator pada siklus I dan siklus II. pada Siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata persentase 68,75% dengan kategori cukup, dan meningkatkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 90,62% dengan kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Mahyidin, MA Pembimbing II:Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Kebhinekaan, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:45 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:45 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3542 |
Actions (login required)
View Item |