Dwi Syafira, 1052018068 (2022) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Dengan Teknik Skimming Di Min 4 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
DWI SYAFIRA.1052018068.PGMI.2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Teknik skimming merupakan sebuah istilah yang mengacu pada proses atau aktivitas membaca yang hanya terpusat pada ide pokok dalam sebuah teks bacaan.Teknik ini tepat digunakan ketika menjumpai teks yang panjang dan dituntut untuk memahami teks, seperti menemukan ide pokok, tokoh, amanat, dan unsur-unsur lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik skimming untuk meningkatkan kemampuan identifikasi unsur cerita pada siswa kelas V MIN 4 Aceh Tamiang, dan hasil belajar siswa dalam identifikasi unsur cerita pada siswa kelas V MIN 4 Aceh Tamiang dengan penerapan teknik skimming. Metode penelitian ini tergolong jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas ini mengkaji masalah-masalah yang muncul dalam pelaksanaan belajar mengajar terhadap penerapan teknik skimming pada siswa kelas V MIN 4 Aceh Tamiang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model McTaggart, model ini pada hakekatnya terdiri dari empat komponen yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, selain itu penulis juga menggunakan instrument penelitian, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes digunakan untuk mengungkap data tentang kemampuan mengidentifikasi unsur cerita siswa. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan teknik skimming pada siswa yang mana setelah diterapkan model ini siswa merasa percaya diri bahwa mereka bisa membaca dengan lancar dan dapat memahami unsur-unsur dari cerita tersebut. Hasil belajar siswa terhadap identifikasi unsur cerita hasil keaktifan siswa pada siklus I mencapai 60,30%, siklus II mencapai 80,30% dari jumlah siswa. Siswa nampak antusias setiap kali berdiskusi. Penerapan teknik skimming dapat simpulkan efektif karena dapat melibatkan siswa secara lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II:Chery Julinda Panjaitan, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Mengidentifikasi Unsur Cerita, Teknik Skimming |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:17 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:17 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3537 |
Actions (login required)
View Item |