Fitriani, 1012014037 (2021) Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
FITRIANI.1012014037.PAI.2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kreativitas guru sangat di butuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Kurangnya kreativitas guru dapat membuat siswa seringnya bolos dijam pelajaran tertentu. Siswa lebih senang duduk di perpustakaan atau kantin sekolah sehingga hal itulah yang akhirnya membuat siswa mendapatkan nilai yang tidak baik pada pelajaran tersebut. Hal ini juga didasari kurangnya kesadaran guru untuk lebih meningkatkan profesionalitasnya dalam mengajar.Untuk itulah di perlukan kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar terjadi proses belajar mengajar yang lebih efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang guru PAI memegang peranan penting yang tidak hanya sekedar mentransferkan ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) tetapi lebih dari itu terutama dalam membina sikap dan keterampilan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islamdalam menggunakan metode pembelajaran di SMP Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang, mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajarandi SMP Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang, dan mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas pembelajarandi SMP Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu jenis penelitian dengan memahami fenomena-fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, baik perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan secara menyeluruh (holistik). Dalam penelitian ini digunakan penelitian lapangan (Field Research), adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil dari penelitian ini adalah (1) Kreatif dalam metode pembelajaran itu tergantung setiap mata pelajaran yang diajarakan karena tidak bias dinamakan kreatif jika menggunakan satu metode bagus tapi itu-itu saja. Metode yang kreatif yaitu metode yang variatif dan disajikan dalam setiap dekade maupun setiap KD penyajian di kelas. (2) Sama halnya dengan penggunaan metode pembelajaran, kreatif dalam menggunakan media pembelajaran apabila kita mampu menggunakan media yang sesuai dengan mata pelajaran yang berlangsung saat itu. (3) Dan dalam pengelolaan kelas, seorang guru dikatakan kreatif ketika mampu mengelola kelas pembelajaran dengan baik. Dengan membuat kelas menjadi menyenangkan dan melakukan pendekatan-pendekatan tertentu untuk kelas yang menyenagkan tersebut. Ketika prosedur-prosedur pembelajaran sudah terlaksana dengan baik tentu yang dibutuhkan diawal perencanaan dan selama perencaan itu berlangsung yang dibutuhkan kemudian yaitu kretivitas seorang guru PAI, agar tujuan pembelajaran yang kita harapkan akan tercapai sebagai mana mestinya dan kita ketahui Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang pokok yang harus didapat oleh peserta didik di usia SMP dimana seusia mereka memang harus diperkuat pembelajaran agama Islamnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Rita Sari, M.Pd Pembimbing II:Meutia Rahma, MA |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Pendidikan Agama Islam, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 02:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 02:08 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3524 |
Actions (login required)
View Item |