Lushi Delfriani, 1052019014 (2023) Konseling dengan Latihan Asertif untuk Menstimulus Kepercayaan Diti Siswa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
LUSHI DELFRIANI.1052019014.PGMI.2023.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kasus bullying sudah tidak asing lagi didunia pendidikan, bully ialah menakut-nakuti atau mengganggu orang yang lemah. Prilaku bullying sangat berdampak buruk bagi diri korbannya, salah satu contoh dampak yang paling parah biasanya yang terjadi pada diri korbanya ialah depresi, tidak percaya diri, bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Maka dari pada itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi latihan asertif untuk menstimulus kepercayaan diri korban bullying, serta meminimalisir prilaku bullying siswa kelas VA SDIT Darul Mukhisin Aceh Tamiang, bagaimana hasil latihan asertif untuk menstimulus kepercayaan diri korban bullying, serta meminimalisir tindakan bullying siswa kelas VA SDIT Darul Mukhisin Aceh Tamiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpalan datanya ialah menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VA SDIT Darul Mukhlisin Aceh Tamiang yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian ini adalah latihan asertif untuk mentimulus kepercayaan diri korban dengan cara penayangan video bully yang sama dengan apa yang ia alami. Selanjutnya tempatkan korban diposisi�posisi tertentu lalu peneliti memberikan pertanyaan yang bertujuan untuk menstimulus kepercayaan dirinya. latihan asertif untuk meminimalisir tindakan bully dengan cara penayangan video yang sama dengan korban, lalu tempatkan ia dipoisi korban dan selanjutnya memberi tahu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan ganjaran atau hukuman apabila ia melakukan bully. Latihan asertif untuk menstimulus kepercayaan diri korban mendapatkan hasil yang baik. Korban yang sebelumnya takut dan tidak percaya diri, kini ia menunjukkan sikap yakin dan percaya diri dalam menghadapi masalah. Latihan asertif juga dapat meminimalisir tindakan bully, pelaku yang awalnya sering-marah dan membeda-bedakan teman. Kini ia sudah bersikap lebih baik, dan tidak membeda�bedakan teman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Chery Julida Panjaitan Pembimbing II:Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Kepercayaan diri, Menstimulus, Meminimalisir |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 31 May 2023 04:26 |
Last Modified: | 31 May 2023 04:26 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3502 |
Actions (login required)
View Item |