Dr. Yenny Suzana, M.Pd, 196801211990032001 (2022) Pembelajaran Sains di SD. In: Literasi Sains Dan Numerasi Dalam Pembelajaran SD/MI. -, Cet. 1 (-). Nuta Media, Yogyakarta, pp. 21-38. ISBN 978-623-5967-51-6 (Unpublished)
Text
Literasi Sains dan Numerasi_jbi bab 3 Yenny.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sering kali orang mengatakan pengajaran disamakan dengan pembelajaran. Padahal istilah pengajaran sangat berbeda dengan pembelajaran. Pengajaran lebih mengarahkan guru memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa, sehingga proses belajar yang berlangsung sepihak, sedangkan pembelajaran proses belajar yang berlangsung dua pihak, guru dan siswa. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan mempertimbangkan lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik mata pelajaran, strategi, metode, media yang digunakan, baik secara dalam jaringan (daring), luar jaringan (luring) maupun blended learning. Dalam hal ini fungsi guru hanya mengkondisikan lingkungan belajar sehingga terjadinya perubahan tingkah laku pada siswa. Hakekat pembelajaran memaknai bahwa pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungan, sehingga terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Banyak faktor yang mempengaruhi peristiwa pembelajaran. Ada faktor internal yaitu faktor yang datang dari siswa/individu itu sendiri. Juga faktor eksternal yang datang dari lingkungan siswa/individu tersebut. Sains adalah pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena alam yang dipelajari melalui metode ilmiah seperti eksperimen dan pengamatan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sains, SD, Pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:45 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3414 |
Actions (login required)
View Item |