MELINDA SAFITRI, 130800300 (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN NUMBER SQUARE DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 7 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (399Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan di sekolah yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya mengembangkan kemampuan dan keterampilan berpikir serta membentuk sikap peserta didik. Oleh karena itu, di dalam pembelajaran matematika proses komunikasi yang terjadi di antara guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik harus berlangsung secara harmonis. Pembelajaran matematika akan berhasil bila peran guru dalam mengelola model mengajar dapat berjalan dengan baik. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan model Number Square di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa. (2) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Number Square di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa. (3) mengetahui hubungan penggunaan model Number Square terhadap hasil belajar pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 7 langsa. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu mengambil dua kelas secara acak dari kelas-kelas yang ada dengan menggunakan kertas kecil yang dituliskan nomor kelas yang dijadikan sampel. Dari kelas yang ada, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelas yakni kelas VII 1 yang berjumlah 24 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian diolah dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM) dengan taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa terhadap penggunaan model Number Square di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa dapat dikatagorikan baik digunakan. (2) Tedapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Number Square di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan model Number Square terhadap hasil belajar pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Heri Risdianto, S.Si |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA, NUMBER SQUARE, HASIL BELAJAR, HIMPUNAN, SMP 7 LANGSA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 02:56 |
Last Modified: | 22 Feb 2016 02:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |