Students justification in solving applied algebraic derivative functions

Sabaruddin, - (2022) Students justification in solving applied algebraic derivative functions. In: AIP Conference Proceedings. -, 2468 (-). AIP Publishing, USA, 070063-1-070063-7. ISBN 2572-7907

[img] Text
Students justification in solving applied.pdf

Download (910kB)
Official URL: https://doi.org/10.1063/5.0102705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proposisi yang berkaitan dengan jenis dan faktor yang mempengaruhi justifikasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar. Peserta yang terlibat berjumlah 25 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penerapan turunan fungsi aljabar dan pedoman wawancara semi terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan prosedur Systematic Grounded Theory (GT) desain. Karena penelitian ini adalah GT, maka data dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu open coding, axial coding, dan selective coding dengan bantuan software NVivo 12 plus. Uji reliabilitas dilakukan oleh dua coder untuk menguji kategori, dan subkategori dengan nilai kappa Cohen 0,65, sehingga pengkodean dibuat reliabel. Wawancara mendalam dilakukan sampai diperoleh data jenuh. Dari hasil analisis terdapat proposisi pembenaran siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lima jenis, dan tiga faktor yang mempengaruhi justifikasi siswa dalam menyelesaikan masalah dengan turunan aplikasi fungsi aljabar meliputi budaya belajar, sumber belajar, dan pembelajaran di kelas.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Siswa, sabaruddin
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:57
Last Modified: 10 Apr 2023 02:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item