Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas Vii Smp Negeri 9 Langsa

Safriani, 1032016032 (2023) Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas Vii Smp Negeri 9 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SAFRIANI.1032016032.PMA.2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh oleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pecahan di SMP Negeri 9 Langsa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Langsa tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 siawa beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan pecahan dengan kriterian dua siswa berkempuan tinggi dua siswa berkempuan sedang dan dua siswa berkempuan rendah. berdasarkan hasil analisis tes pecahan yang format analisisnya diperoleh dari guru. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes,wawacaran dan dekumentasi, teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu memjawab soal yang telah di berikan dan mendaptkan nilai 80, siswa berkermampuan sedang dapat memjawab sebagian soal mendaptkan 60, dan siswa berkemampuan rendah tidak dapat memjawab soal 17,5. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara yang di peroleh bahwa siswa berkemampuan tinggi senang dan tertarik mempelajari matematika khususnya materi pecahan, siswa berkemampuan sedang senang mempelajari pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan akan tetapi kurang tertarik terhadap soal cerita pada materi pecahan, dan siswa yang berkemampuan rendah tidak senang dan kurang tertarik mempelajari pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan karena bagi siswa yang berkemampuan rendah pelajaran matematika itu sangat sulit dipelajari dan siswa kurang memahami soal cerita. Peneliti menyarankan supaya siswa lebih rajin belajar pelajaran matematika khususnya materi pecahan. Peneliti menyarankan supaya guru dapat menggunakan teknik pembelajaran yang lebih baik dalam proses mengajar matematika pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Nurmawati, M.Pd Pembimbing II:Fenny Anggreini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Materi Pecahan
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:50
Last Modified: 06 Apr 2023 04:50
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item