Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamart Aceh Tamiang

Zakia Tus Sadri, 4022018010 (2023) Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamart Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ZAKIA TUS SADRI.4022018010.EKS.2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kelengkapan produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang berbelanja di Alfamart Aceh Tamiang dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobality yakni teknik sampling insidental, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga (X1) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Alfamart Aceh Tamiang, dimana nilai koefisien harga sebesar 0,069 dan thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,739>1,982) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05), kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Alfamart Aceh Tamiang, dimana nilai koefisien kualitas pelayanan sebesar 0,304 dan nilai thitung sebesar lebih besar dari nilai ttabel sebesar (8,916 > 1,982) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan kelengkapan produk (X3) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Alfamart Aceh Tamiang, dimana nilai koefisien kelengkapan produk bertanda positif yaitu 0,456 dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sebesar (8,574 > 1,982) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga (X1), kualitas pelayanan (X2) dan kelengkapan produk (X3) secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) di Alfamart Aceh Tamiang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji F, dimana pada variabel harga nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel sebesar (32,933 > 2,696), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan, pada variabel kualitas pelayanan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel sebesar (79,501 > 2,696), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dan pada variabel kelengkapan produk nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel sebesar (73,507 > 2,696), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan. Selain itu, nilai koefisien determinasi (Adjusted R-Square) sebesar 0,529 yang artinya kontribusi harga, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian di Alfamart Aceh Tamiang sebesar 58,1% dan sisanya 41,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Khairatun Hisan, M.Sc Pembimbing II:Safwandi, M.Mat
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian.
Subjects: Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:49
Last Modified: 24 Mar 2023 01:49
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item