Pengembangan kamus saku fi’il – fi’il Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis di MTsS Raudhatun Najah Langsa

Siti Nazirah, 1022018021 (2023) Pengembangan kamus saku fi’il – fi’il Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis di MTsS Raudhatun Najah Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SITI NAZIRAH.1022018021.PBA.2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Letak permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas delapan tingkat MTsS Raudhatun Najah Langsa adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menulis perubahan fi’il atau (kata kerja) dengan pembagian waktunya, baik dalam bentuk fi’il madhi, fi’il mudhari’, fi’il amri, f’il nahi maupun fi’il majhul. Serta perubahan penulisan dari dhammir ke dhammir yang lain. Menanggapi hal ini peneliti mencoba memberikan solusi dengan membuat kamus saku tentang fi’il –fi’il Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Kamus saku fi’il ini merupakan kamus saku yang diambil dan dikhususkan dari fi’il tsulatsi mujarrad, yang setiap bab dari tsulatsi mujarrad terdiri dari beberapa kosakata beserta artinya. Dan kamus ini mudah dibawa karena dibuat dalam bentuk saku. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menyediakan kamus saku fi’il – fi’il arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di MTsS Raudhatun Najah Langsa 2) Mendeskripsikan hasil uji kelayakan kamus saku fi’il – fi’il arab dalam meningkatkan menulis siswa 3) Mengetahui hasil uji efektifitas kamus saku fi’il – fi’il Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa . Metode penelitian adalah jenis R&D dengan model Borg & Gall, instrumen penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes. Peneliti melakukan uji coba produk kepada siswa dengan menggunakan sistem pre-test dan post-test. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) terwujudnya sebuah produk kamus saku fi’il – fi’il Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis. 2) setelah melalui uji validasi kelayakan, produk ini dinyatakan layak dengan nilai 68 % dengan keterangan “Jayyid Jiddan” . 3) hasil uji efektifitas produk kepada siswa, peneliti memperoleh nilai t-hitung 57,061 lebih besar dari tabel 2.064 dengan persentasi kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :M. Fadli, M.Pd Pembimbing II:Fuji Astuti, MA
Uncontrolled Keywords: Kamus Saku Fi’il-Fi’il Arab, Maharah Al-Kitabah, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Menulis dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:08
Last Modified: 08 Mar 2023 02:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item